Konfigurasi Jaringan Hotspot MikroTik RouterOS

System Hotspot
Hotspot digunakan untuk melakukan autentikasi pada jaringan local. Autentikasi yang digunakan berdasarkan pada HTTP atau HTTPS protocol dan dapat diakses dengan menggunakan Web Browser. Hotspot sendiri adalah sebuah system yang mengkombinasikan beberapa macam features dari MikroTik RouterOS yang sangat mudah dikonfigurasi. Hotspot System adalah sebuah teknologi autentikasi yang biasa digunakan ketika kita akan menyediakan akses internet pada areal publik, seperti : Hotel, café, airport, taman, mall dll. Teknologi akses internet ini biasanya menggunakan jaringan wireless atau wired. Kita bisa menyediakan akses internet gratis dengan menggunakan hotspot atau bisa juga menggunakan Voucer untuk autentikasinya.
Cara Kerja System Hotspot
Ketika kita memcoba membuka sebuah web page maka router yang sudah memiliki hotspot system, akan men cek apakah user sudah di autentikasi pada system hotspot tersebut. Jika belum melakukan autentikasi, maka user akan di arahkan pada hotspot login page yang harus di isikan berupa usernama dan password. Jika informasi login yang dimasukkan sudah benar, maka router akan memasukkan user tersebut kedalam hotspot sytem dan client sudah bisa mengakses halaman web. Selain itu akan muncul popup windows berisi status ip address, byte rate dan time live. Dari urutan proses diatas, maka user sudah bisa mengakses halaman internet melalui hotspot gateway.
Keunggulan System Hotspot
Hotpost system digunakan untuk autentikasi user, penggunaan akses internet dapat dihitung berdasarkan waktu dan data yang di download / upload. Selain itu dapat juga dilakukan limitasi bandwidth berdasarkan data rate, total data upload/download atau bisa juga di limit berdasarkan lama pemakaian. Hotspot system juga mendukung system Radius.

Download Dokumentasi Lengkap >> Hotspot System Configuration.pdf

~ by feryjunaedi on January 16, 2008.

4 Responses to “Konfigurasi Jaringan Hotspot MikroTik RouterOS”

  1. iyah .. namun yang bikin emosi jika di jaringan LAN yang menggunakan menggunakan system hotspot ini .. jika ada PC “user” yang sessionnya sudah habis … maka ping aja gak mau !!

  2. klo interfacenya itu bebas gax?? atau harus punya perangkat wireless dari mikrotik itu sendiri?? saya punya senao, bisa gax di hubungkan dengan mikrotik OS ini?? saya sangat berharap email dari bapak😀 maklum newbie…

  3. Pak saya menginstall mikrotik utk hotspot waktu masih pakai dhcp its okey bisa konek tetapi ketika di setup server ip hotspot lansung tdk mau konek lagi bahkan mengakses domain lokal yg saya buat. konfigurasi jaringan saya paka win 2003

  4. pak makacih atas bantuan anda karena dengan ada konfrigurasi anda aq bisa mengerjakan tugas skull

    BY:malank strett punk(kiki)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: